5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Cara Efektif Meningkatkan Imunitas Tubuh agar Tidak Mudah Sakit

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh adalah pertahanan pertama yang melindungi tubuh kita saat ada bakteri atau virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh kita. Sehingga sistem imunitas ini memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Daya tahan tubuh yang tinggi berarti pertahanan tubuh kita agar tidak jatuh sakit juga lebih kuat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pertahanan atau imunitas tubuh yang utama adalah menerapkan pola hidup sehat. Cara ini wajib dilakukan namun banyak ditinggalkan pada saat ini adalah menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: Kebiasaan Sepele yang Tidak Baik untuk Jantung yang Perlu Sobat Perhatikan

Karena dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat secara otomatis tubuh akan memperbaiki sistem imunitas yang ada.

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Berikut ulasan tentang beberapa langkah nyata penerapan pola hidup sehat yang dapat sobat lakukan untuk membantu memperkuat sistem imun.

1. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Langkah pertama yang dapat dilakukan dan dijadikan kebiasaan adalah mengubah isi piring anda. Salah satunya adalah disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah terutama dalam keadaan mentah. Penelitian menunjukkan, orang yang banyak mengonsumsi sayur dan buah lebih banyak cenderung tidak mudah sakit. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Simak Juga: Makanan Pemicu Batu Ginjal yang Sebaiknya Dihindari atau Dibatasi

2. Cukupi Istirahat

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh karena tubuh tidak dapat beristirahat sesuai porsinya. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

3. Hindari Stres

Langkah ketiga adalah mengindari stres. Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Yang perlu dilakukan adalah mengelola stres dengan baik bukan menghindari stres hingga pada akhirnya malah terjadi akumulasi.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga yang disarankan adalah selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Olahraga yang dimaksud adalah olahraga ringan yang memicu tubuh kita tetap bergerak dan tidak berlebihan. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.

Jangan Lewatkan: Tips Ampuh Mengatasi Perut Buncit dengan Mengonsumsi Bahan Alami

Akan lebih baik jika olahraga dilakukan di luar ruangan saat pagi, agar kita juga mendapat asupan Vitamin D dari matahari. Karena sinar matahari juga dapat membantu meningkatkan sistem imun. Namun jika tidak memungkinkan kegiatan olahraga ini juga boleh dilakukan di dalam ruangan.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru dan gangguan kesehatan hati akan semakin besar.

Demikian langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam upaya penerapan pola hidup sehat sehari-hari. Jika dirasa perlu, sobat bisa menambahkan asupan suplemen peambah daya tahan tubuh. Konsumsi suplemen mungkin dapat menjadi pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi.

Banyak suplemen yang diklaim bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang dijual secara bebas, sobat bisa memilih sesuai dengan keyakinan dan budget yang ada. Namun jika ingin melakukan secara alami juga bukan hal yang salah.

Baca Juga: Penyebab Menurunnya Testosteron pada Pria

Suplemen alami yang umum digunakan adalah madu dan rebusan rimpang dan rempah seperti wedang jahe. Karena kedua bahan tersebut dipercaya memiliki kandungan anti bakteri, anti inflamasi dan antiradang yang cukup tinggi. Selain madu dan jahe sobat juga bisa mencoba mengkudu dan meniran

Walaupun berasal dari bahan alami, jika sobat tidak ingin mengolahnya karena terlalu merepotkan saat ini cukup banyak ekstrak tanaman herbal yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul. Hal ini tentunya sangat membantu sobat untuk mencobanya. Atau sobat juga dapat menggunakan suplemen berupa obat-obatan kimiawi yang banyak beredar di rumah sakit.

Demikian ulasan untuk peningkatan sistem imunitas tubuh, semoga dapat membantu sobat semuanya.