Cara Mudah Mengajarkan Anak Balita Belajar Mengaji

Cara Mengajarkan Anak Balita Belajar Mengaji

Cara Mudah Mengajarkan Anak Balita Belajar Mengaji. Tips bagaimana caranya mengajari anak kecil mengaji sehingga akan cepat bisa memahaminya. Apakah sobat memiliki buah hati yang masih di bawah umur, dan merasa kesulitan mengajarinya membaca iqro’ atau al-qur’an?

Apakah sobat punya anak balita yang saat ini tengah dalam tahap belajar mengaji atau mengenal huruf hijaiyah? Mengajari buah hati yang masih berusia di bawah lima tahun tentang hal baru memang membutuhkan proses yang tidak mudah. Termasuk bagaimana mengajari anak balita untuk mengaji.

Jika sebelumnya telah kami sajikan untuk sobat artikel dengan tema ide bisnis tentang peluang usaha yang cocok untuk pensiunan, maka tak ada salahnya jika kali ini akan kami coba hadirkan informasi mengenai cara mengajarkan anak balita belajar mengaji di blog THEREDDSTONE.COM.

Diperlukan trik dan penuh kesabaran agar mereka bisa memahami iqro’ maupun al-qur’an. Namun jika sudah terbiasa maka insya Allaah semuanya akan berjalan dengan lancar.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengajari anak balita belajar mengaji sehingga akhirnya si kecil bisa lancar mengaji.

1. Biasakan anak mendengar bacaan ayat-ayat Al-Qur’an

Biasakan si kecil untuk mendengarkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an baik itu melalui mp3, rekaman video maupun sobat sendiri yang membacakannya. Tujuannya agar telinga anak terbiasa dengan bacaan Al-Qur’an sehingga bahasa arab menjadi sesuatu yang tidak asing di telinga anaka. Bahkan jika anak dirutinkan untuk diperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an, maka tidak menutup kemungkinan anak akan bisa menghapalkan ayat-ayat tersebut.

2. Berikan pemahaman mengenai kewajiban untuk belajar mengaji

Senantiasa memberian pengertian dan motivasi kepada anak bahwa setiap muslim harus belajar mengaji karena itu sebuah kewajiban bagi setiap orang islam. Jika anak menyadari akan kewajibannya maka anak akan berusaha untuk bisa menjalankan tugasnya tersebut dengan baik. Sobat juga jangan hanya sekedar teori saja namun juga memberikan contoh nyata misalnya dengan sobat membaca Al-qur’an secara rutin di rumah misalnya setelah sholat 5 waktu.

Simak Juga: Tips Padu Padan Hijab dan Kemeja agar Tampil Stylish, Cantik & Menawan

3. Menempelkan huruf-huruf hijaiyah di dinding kamar anak

Agar anak balita terbiasa dengan huruf arab atau hijaiyah maka perlu dipancing dengan menempelkan huruf-huruf hijaiyah di dinding kamar anak. Sobat sebagai orang tua juga bisa bermain tebak-tebakan ataupun kuis ringan dengan si buah hati mengenai huruf hijaiyah. Misalnya dengan memberiakn tebakan analogi benda, contohnya huruf hijaiyah yang bentuknya seperti perahu, seperti tongkat, seperti bebek dan lainnya.

4. Memberikan anak buku Iqra terlebih dahulu

Sebelum anak bisa membaca Al-qur’an maka langkah sebelumnya adalah belajar membaca buku Iqra. Maka sobat perlu memberikan si kecil buku Iqra dimulai dari level 1, kemudian setelah mulai lancar bisa ditingkat ke level di atasnya yaitu Iqra 2 hingga Iqra 6.

5. Mengajak anak belajar mengaji di TPA atau TPQ

Langkah selanjutnya adalah mengajak anak belajar mengaji di TPA atau TPQ. Hal ini akan membuat anak semakin bersemangat belajar membaca huruf arab karena ketika belajar di TPA atau TPQ akan banyak temannya sehingga hal itu bisa memotivasi si kecil untuk selalu berusaha agar segera bisa dan lancar membaca iqra’ hingga Al-qur’an.

Demikianlah sajian kami untuk cara mengajarkan anak balita belajar mengaji, semoga memberikan manfaat untuk sobat semuanya. Jangan lupa simak juga update lainnya misalnya dari dunia traveling yakni ulasan mengenai situs bersejarah di kota semarang di halaman lainnya di website THEREDDSTONE.COM.

Itulah sobat beberapa hal yang bisa dilakukan agar anak balita mau belajar mengaji dan anak juga tidak merasa terbebani apalagi terpaksa belajar mengaji.