Daftar Makanan Pemicu Batu Ginjal yang Sebaiknya Dihindari atau Dibatasi

Makanan Pemicu Batu Ginjal

Daftar Makanan Pemicu Batu Ginjal yang Sebaiknya Dihindari atau Dibatasi. Beberapa nama makanan yang berpotensi mampu meningkatkan risiko penyakit batu ginjal yang seharusnya dikontrol jumlah konsumsinya atau dihindari dan digantikan dengan alternatif makanan lainnya. Sobat tentu pernah mendengar nama penyakit batu ginjal. Namun apakah sobat sudah mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat memicu penyakit tersebut?

Sobat apa sudah tahu apakah pentakit batu ginjal itu? Yang dimaksud dengan batu ginjal adalah endapan keras seperti batu yang terbentuk di dalam ginjal. Endapan tersebut akan menimbulkan rasa sakit nyeri di daerah pinggang hingga pnggul, penyumbatan aliran kemih, infeksi hingga pendarahan.

Jika sebelumnya telah kami sajikan untuk sobat artikel tips pendidikan anak dan parenting tentang cara mengajarkan anak balita belajar mengaji, maka tak ada salahnya jika kali ini akan kami coba hadirkan informasi mengenai makanan pemicu batu ginjal di blog THEREDDSTONE.COM.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Namun secara umum batu ginjal dapat disebabkan oleh batu asam uric, batu struvite, dan batu crystine.

Dan munculnya batu ginjal tersebut dapat dipicu oleh konsumsi makanan tertentu dalam porsi atau jumlah berlebihan. Untuk itu sobat harus mengurangi mengkonsumsi makanan semacam ini, lebih baik membatasi agar tidak berlebihan jumlah asupannya sehingga ginjal sobat tetap sehat dan jauh terhindar dari batu ginjal.

Berikut ini adalah beberapa macam makanan dan minuman yang dapat memicu munculnya batu ginjal.

1. Minuman beralkohol (minuman keras)

Minuman beralkohol (minuman keras) sudah banyak diketahui jika berpotensi memberi efek buruk bagi kesehatan. Mulai dari merusak fungsi hari, buruk untuk kesehatan saraf otak hingga ginjal. Lebih baik sobat menjauhi minuman semacam ini karena di dalam ajaran islam minuman khamr ini hukumnya haram.

2. Pemanis buatan

Pemanis buatan akan memaksa ginjal bekerja ekstra keras untuk mengurainya menjadi lebih sederhana. Pemanis buatan sering kali digunakan untuk produk minuman maupun makanan. Sudah saatnya sobat membatasi jumlah asupan dari makanan dan minuman yang menagndung pemanis buatan.

3. Daging merah

Daging merah jika dikonsumsi secara berlebihan juga bisa memicu munculnya batu ginjal. Hal ini disebaban karena daging merah mengandung protein yang protein. Alhasil ginjal pun dipaksa bekerja keras untuk mengatasi sisa penguraian protein yang dapat berefek timbulnya batu ginjal.

4. Produk susu

Siapa sangka susu dapat meningkatkan risiko batu ginjal? Namun nyatanya susu yang menagndung kalsium tinggi akan meningkatkan jumlah kalsium dalam darah. Bila dalam jumlah berlebihan dan kalsium bisa bersenyawa dengan asam fosfat atau nitrat di dalam ginjal. Hal ini akan membentuk senyawa lain di dalam ginjal berupa endapan yang disebut batu ginjal.

5. Kafein

Tahukah sobat, jika jumlah kafein yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan sekresi kalsium di dalam urin. Hal ini ternata mampu menyebabkan timbulnya batu ginjal. Kafein memiliki sifat dieuretik sehingga pengonsumsinya dapat mengalami dehidrasi yang ternyata juga menjadi salah satu penyebab batu ginjal. Agar aman, pastikan sobat juga mengkonsumsi air putih secara seimbang sesuai kebutuhan.

6. Minuman berkarbonasi

Minuman bersoda akan memaksa ginjal bekerja ekstra keras karena minuman semacam ini mengandung pemanis buatan, asam fosfat atau asam nitrat. Jika ginjal tidak mampu mengurai kandungan tersebut, maka dapat mengakibatkan asam fosfat bisa bereaksi dengan kalsium di dalam ginjal. Akibatnya akan memicu munculnya endapan yang batu ginjal.

7. Karbohidrat murni

Mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan ternyata juga bisa meningkatkan risiko batu ginjal. Faktanya adalah karbohidrat tinggi akan memicu insulin sehingga dapat menyebabkan terjadinya infeksi saluran kencing dan terbentuknya endapan batu ginjal.

8. Makanan dengan oksalat tinggi

Jika kadar oksalat dalam ginjal tinggi maka akan meningkatkan potensi terjadinya endapan dalam ginjal. Hal ini disebabkan kaarena senyawa ini dapat bereaksi dengan kalsium yang pada akhirnya dapat menimbulkan batu ginjal. Senyawa oksalat ini sendiri banyak ditemui di dalam makanan yang mengandung vitamin C tinggi, aneka sayura dan buah seperti bayam, kedelai, almon, kiwi, dan cokelat.

9. Sarden

Makanan kaleng semacam sarden ternyata memiliki kandungan zat purin yang tinggi. Asupan zat purin dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan timbulnya endapan batu ginjal.

10. Garam meja

Garam meja biasanya mengandung sodium yang jika dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan risiko munculnya endapan pada ginjal. Sobat ada baiknya jika segera mungkin membatasi asupan garam ke dalam tubuh.

Demikianlah sajian kami untuk makanan pemicu batu ginjal, semoga memberikan manfaat untuk sobat semuanya. Jangan lupa simak juga update lainnya, peluang usaha yang cocok untuk pensiunan di halaman lainnya di website THEREDDSTONE.COM.

Nah sobat, tuntas sudah ulasan mengenai 10 makanan dan minuman yang dapat menyebabkan terjadinya batu ginjal. Saatnya membatasi makanan dan minuman tersebut, dan pastikan sobat menerapkan gaya hidup dan pola hidup sehat agar sobat senantiasa sehat selalu.