Menurunnya Testosteron pada Pria Akibat Makanan Rendah Lemak

Makanan Rendah Lemak Memicu Testosteron Pria Turun

Siapa sangka sobat bahwa makanan yang rendah lemak ternyata bisa menjadi penyebab berkurangnya testosteron pada pria. Padahal jika seorang pria mengalami penurunan testosteron maka hal tersebut dapat memberikan efek buruk pada kesuburan serta gairah intim di atas ranjang. Gangguan semacam ini dapat muncul di saat tubuh tidak memproduksi testosteron dalam jumlah yang cukup sebagaimana sebelumnya.

Ada beberapa hal yang dapat memberikan efek terhadap naik turunnya testosteron seorang pria. Namun sobat tak perlu cemas, karena dengan olahraga apalagi jika dipadukan dengan diet (mengurangi berat badan) ternyata dapat menjadi sebuah solusi atas permasalahan tersebut.

Simak Juga: Tips Ampuh Mengatasi Perut Buncit dengan Mengonsumsi Bahan Alami

Namun hal itu bukanlah satu-satunya solusi untuk masalah gangguan pada kadar testosteron. Pada suatu studi kesehatan menyebutkan bahwa nyatanya pola makan rupanya juga turut menentukan tingkat produksi testosteron pada pria. Seorang pria yang mengonsumsi asupan makanan rendah lemak dimungkinkan akan memiliki kadar testosteron yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mengonsumsi makanan jenis lain (selain rendah lemak).

Pada studi tersebut dilakukan percobaan dengan empat pola makan diet yang berbeda dan akan dilihat pengaruhnya terhadap tingkat testosteron pada pria. Perlakuan diet tersebut adalah pola makan yang mana rendah lemak, diet dengan mediterania, pola makan yang rendah akan karbohidrat, serta pola makan yang bebas (bukan termasuk ketiganya).

Baca Juga: Daftar Makanan Pemicu Batu Ginjal yang Sebaiknya Dihindari atau Dibatasi

Hasil studi tersebut menyebutkan bahwa pria dengan pola makan rendah lemak memiliki tingkat testosteron yang lebih rendah bila dibandingkan dengan pria dengan pola makan bebas. Sementara itu pria dengan diet mediterania terlihat tidak menyebabkan perubahan kadar testosteron.

Selain itu studi tersebut juga menyibak fakta bahwa pria obesitas dapat mengalami penurunan testosteron yang bisa diperparah dengan pola makannya.

Jangan Lewatkan: Aneka Manfaat Serai untuk Kecantikan Kulit, Simak Selengkapnya!

Nah sobat, untuk menjaga tingkat testosteron agar senantiasa di ambang batas normal maka ada baiknya jika sobat mulai memperhatikan berat badan agar jangan sampai berlebihan atau mengalami obesitas. Selain itu juga rutin melakukan olahraga, menjaga pola hidup sehat serta pola makan yang baik dan seimbang. Karena semua orang tentu saja menginginkan hidup yang sehat dan berkualitas.