Pengertian Hewan Karnivora, Contoh dan Ciri-cirinya

Definisi Pengertian Hewan Karnivora Contoh Ciri

Referensi tentang pengertian atau definisi hewan karnivora, serta ciri-ciri dan contohnya yang diuraikan dalam sebuah penjelasan singkat, sehingga sobat akan dengan mudah memahaminya. Adapun materi tentang hewan karnivor biasanya masuk dalam mata pelajaran IPA ataupun Biologi yang banyak disinggung di website pendidikan, dan juga termasuk di sekolahan dan bangku perkuliahan yang mempelajari tentang ilmu hayat.

Langsung saja kita dalami materi hewan karnivora ini dimulai dari pengertian, ciri-ciri beserta contohnya.

Pengertian Hewan Karnivora

Definisi karnivora, pemakan daging, atau satwaboga ialah makhluk hidup yang mendapatkan energi dan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan berupa jaringan hewan, baik sebagai pemangsa maupun pebangkai.

Banyak sekali hewan pemakan daging. Adapun hewan-hewan yang hanya bergantung pada daging hewan sebagai nutrisinya disebut dengan karnivor obligat. Sementara hewan-hewan yang juga mengonsumsi makanan nonhewan disebut dengan karnivor fakultatif.

Bahkan omnivor juga melahap makanan hewan dan non-hewan. Terlepas dari definisi yang lebih umum, tidak ada batasan rasio antara materi makanan dari tumbuhan dan hewan yang dapat membedakan karnivor fakultatif dengan omnivor. Sedangkan untuk jenis karnivor yang menduduki puncak rantai makanan disebut dengan predator tingkat tinggi.

Lihat Juga: Cara Mudah Mengajarkan Anak Balita Belajar Mengaji

Selain hewan, ada juga tumbuh-tumbuhan yang menangkap dan memakan serangga, bahkan terkadang juga melahap hewan kecil lainnya. Tumbuh-tumbuhan itu disebut dengan tumbuhan karnivor. Begitu juga dengan fungi yang memakan hewan mikroskopis sering disebut dengan fungi karnivor.

Untuk mendifinisikan suatu hewan apakah tergolong karnivora atau tidak dapat dilihat dari ciri-cirinya makanan, kebiasaan dan juga habitatnya. Untuk habitat dari hewan karnivora ini lebih banyak hidup di daratan ketimbang di air dan di udara. Hal tersebut dikarenakan di daratan lebih banyak mangsa atau makanan yang dapat dijadikan makanan.

Selain itu, hewan pemakan daging atau hewan karnivor lebih banyak menjadi penghuni didalam hutan yang lebat. Sebagai contoh, di luar negeri hewan-hewan karnivora seperti ini dikembangkan di alam liar.

Ciri-ciri Hewan Karnivora dan Contohnya

Untuk lebih jelasnya dapat sobat lihat ciri-ciri hewan karnivora yang telah kami klasifikasikan menjadi 3 golong, yakni mamalia, hewan laut dan sejenis burung.

  • Apabila mamalia: berkaki empat, gigi tajam, hidup di darat, vivipar (beranak). Contohnya singa, harimau, macan.
  • Apabila hewan laut: berkembang biak secara ovovivipar, memiliki ukuran tubuh yang besar. terkecuali sejenis piranha. Contohnya ikan hiu.
  • Apabila sejenis burung: memiliki cakar yang tajam dan paruh yang runcing. Contohnya burung elang.

Nah itulah definisi hewan karnivora atau hewan pemakan daging lengkap dengan ciri-ciri dan contoh hewan karnivora. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari referensi tentang pengertian hewan karnivora di website pendidikan dan rumus pelajaran terkini.