Tanda dan Solusi Masalah Kulit Akibat Membersihkan Wajah Berlebihan (Over Cleansing)

Solusi dan Tanda Kulit Wajah Mengalami Over Cleansing

Membersihkan wajah merupakan langkah utama untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Banyak orang mengira membersihkan wajah sesering mungkin dan semaksimal mungkin akan membuat kulit lebih baik. Sebernya pendapat tersebut tidak sepenuhnya salah, namun membersihkan wajah juga ada aturan dan langkah-langkah yang perlu diperhatikan sengan baik.

Banyaknya produk kecantikan yang beredar saat ini membuat banyak orang salah paham cara membersihkan wajah secara benar. Alhasil, proses yang dilakukan menjadi terlalu berlebihan, atau kerap disebut dengan istilah over cleansing. Berlebihan yang dimaksud antara lain adalah kesalahan dalam memilih produk, melakukan gerakan yang salah, hingga terlalu sering membersihkan wajah.

Jangan Lewatkan: Aneka Manfaat Serai untuk Kecantikan Kulit, Simak Selengkapnya!

Pertama-tama sobat harus memahami apakah itu over cleansing. Over cleansing adalah proses membersihkan wajah yang berlebihan sehingga mengikis minyak alami pada kulit. Setiap orang memiliki minyak alami pada kulit yang berfungsi untuk mengoptimalkan dan menjaga kesehatan kulit. Di saat minyak alami terkikis, maka kulit akan menjadi kering sehingga mengalami banyak masalah seperti iritasi dan breakout.

Yang kedua adalah metode pembersihan yang disebut over cleansing. Over cleansing adalah di saat sobat membersihkan wajah dengan frekuensi terlalu sering yaitu hingga lebih dari dua atau tiga kali dalam sehari. Hal ini akan menjadikan skin barrier rusak karena minyak alami pada kulit terkikis. Hal ini akan semakin buruk jika ternyata produk yang sobat gunakan kurang sesuai dengan jenis kulit sobat.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Alami untuk Memutihkan dan Mencerahkan Wajah

Tanda Kulit Wajah Mengalami Over Cleansing

Berikut adalah tanda-tanda kulit wajah mengalami over cleansing. Nah sobat wajib waspada dan meninjau ulang metode permbersihan wajah yang biasa dilakukan jika mengalami hal-hal tersebut dibawah ini

  • Kulit merasa kencang setelah mencuci wajah. Hal ini biasanya muncul ketika menggunakan produk yang terlalu keras dan digunakan terlalu sering.
  • Kulit menjadi kering dan bersisik.
  • Kulit mengalami kemerahan atau redness.
  • Kulit mengalami inflamasi atau iritasi.
  • Timbul jerawat yang tidak semestinya atau disebut dengan breakout. Hal ini karena hilangnya keseimbangan pada kulit.

Lihat Juga: Tips Padu Padan Hijab dan Kemeja agar Tampil Stylish, Cantik & Menawan

Cara Membersihkan Wajah yang Benar

Yang terakhir adalah solusi cara membersihkan wajah yang benar agar sobat tidak terjadi over cleansing, yaitu:

  1. Lakukan double cleansing. Daripada melakukan pembersihan terlalu sering sobat bisa melakukan double cleansing yaitu mencuci mukan dan menggunakan toner.
  2. Jika menggunakan peeling dengan scrub, aplikasikan satu minggu sekali saja.
  3. Jangan lupa hidrasi kulit setelah membersihkan wajah, terutama bagi kamu yang memiliki kulit acne prone.
  4. Gunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit.
  5. Pilih produk kecantikan yang mampu memperbaiki, menjaga, dan melindungi skin barrier melalui kandungan natural dan teknologi yang diterapkan pada produk skincare yang ada.